Senin, 12 September 2016

MULAI MEMBIASAKAN DIRI MENULIS KETIKA BANGUN PAGI

Ibarat mesin, otak kita otak kitapun mengalami gejala yang sama saat terus digunakan untuk berpikir. Mesin apapun jika digunakan terus menerus akan lelah. Demikaian juga otak kita. Nah.. itu sebabnya pagi hari ketika kita bangun pagi kita merasakan hal yang lebih baik, dengan sarat tidur kita tadi malamnya cukup.
Ibarat prosesor komputer pada pagi hari otak kita baru saja menjalankan  sedikit aplikasi. Sehingga space berfikir masih luas dan memungkinkan memanggil fakta, konsep yang telah tergeneralisasi pada memori kita jauh lebih banyak dari pada setelah digunakan beraktifitas siang hingga malam hari.  Kecepatan berpikirpun dijamin akan lebih baik daripada otak kita telah digunakan untuk memikirkan banyak hal pada aktivitas siang hingga malam hari. Hal ini berdampak pada proses eksekusi beberapa ide pemikiran berupa pengambilan keputusan akan lebih cepat dan baik.

DIKLAT GURU PEMBELAJAR

INFO KONTAK KKG KELAS KECAMATAN KARANGASEM


Proses memunculkan, menumbuhkan dan mengembangkan ide pada otak kita melalui banyak tahap pengambilan keputusan tidak terhitung jumlahnya. Termasuk di dalamnya adalah proses memunculkan, menumbuhkan dan mengembangkan ide yang bermuara pada produk berupa tulisan. Proses pemanggilan kembali pesan lama yang telah tersimpan di otak yang selanjutnya dikolaborasikan memerlukan banyak sekali eksekusi berupa pengambilan keputusan. Akan tetapi yang unik pada otak manusia dibandingkan mesin adalah prosedur pengambilan keputusannya yang mempertimbangkan lebih banyak aspek ketimbang mesin. Salah satunya adalah suasana hati kita yang masih segar. Jika mesin pola pengambilan keputusan yang dieksekusi menurut prosedur tertentu yang cenderung tetap. Sedangkan otak manusia proses eksekusi keputusan yang dijalankan otak senantiasa dipengaruhi banyak faktor termasuk pengalaman mendalam yang bersifat traumatis yang diistilahkan dengan suasana hati.

Baca juga artikel ini MULAI BELAJAR MENULIS

Pagi hari ketika kita bangun pagi dapat dijamin susana hati kita jauh lebih baik dari pada waktu berikutnya. Terlepas dari beberapa kondisi pengecualian lainnya menurut kuatnya pengaruh perasaan akibat pengalaman pahit, menyedihkan, marah, mimpi buruk dan kejadian lainnya yang sangat membuat kita trauma. Pada keadaan normal suasana hati dan pikiran kita pada pagi hari masih sangat segar seperti penjelasan di atas. Sehingga pada pagi hari merupakan waktu yang sangat tepat untuk memulai kegiatan menulis.

Kesibukan otak dalam mengeksekusi beberapa prosedur pemikiran berdasarkan fakta dan konsep yang telah dipanggil pada pagi hari masih sedikit. Sehingga pada kegiatan menulis sangat memungkinkan untuk mengeksplor pengalaman-pengalaman sebelumnya yang selanjutnya terkolaborasi menjadi serangkaian keputusan yang menghasilkan produk tulisan. Ruang berpikir otak kita pada pagi hari masih sangat luas dan tersedia. Seperti penjelasan di atas hal ini akan berpengaruh pada banyaknya pengalaman berupa fakta, konsep yang tergeneralisasi dapat diproses dalam waktu singkat. Hal ini dapat menjadi jaminan bahwa tulisan yang dihasilkan ketika kita bangun pagi akan jauh lebih dalam hal kualitas dan kuantitas.


Berdasarkan hal itu maka jika kita ingin membiasakan diri menulis mulailah pada pagi hari sesaat setelah kita bangun pagi.  Paksakan diri untuk duduk di depan komputer atau meja tulis anda, hidupkan komputer atau siapkan alat tulis anda, tulis atau ketiklah ide yang muncul dan selanjutnya mulailah kembangkan. Niscaya tidak memerlukan waktu lama tulisan anda akan selesai dan memuaskan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar